Selasa, 17 November 2015

KAHF_ | INSPIRATION_

Putus Sekolah ? iya seolah sebuah kalimat yang sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita, Semakin maraknya anak yang berhenti entah karena pergaulan, teknologi, ataupun memang karena malas? jaman yang dimana banyak penyebab anak putus sekolah, contohnya? gua ini hehe, ya Alhamdulillah gua bersyukur banget sama Allah SWT karena hanya sekedar hampir putus sekolah, inget!! Hampir atau ingin putus sekolah!! bukan sudah putus sekolah atau tidak sampai lulus SMK/SMA halah ngawur, hiraukan hehe. Oke kita kembali ke topik, gua engga bisa kebayang tuh gimana kalo gua sampai putus sekolah, entah gua kerja bagaimana, perasaan ortu gua, perasaan orang yang cinta sama gua pasti mereka akan sedih pake banget! makanya disini gua mau berbagi pengalaman gimana ni supaya adik, anak, atau saudara lu, ya intinya setiap orang yang lu sayangi, cintai, yang sedang menjalani pendidikannya agar tidak sampai terjerumus atau menjaganya dari yang namanya PUTUS SEKOLAH!!!
Okay, disini gua mencoba dengan ide dan pengalaman yang gua miliki serta dengan narasumber orang yang berada dilingkungan gua yang mayoritasnya banyak dari mereka yg sampai putus sekolah, sebenernya apa si Alasannya!! Kok bisa sampai berhenti? putus sekolah apa itu Trendy Remaja Masa Kini? Bener lagi trend dijaman seperti ini? Haha kalo Menurut gue si itu Trendy Remaja Masa Gitu!!!
Kok Bisa Ya sampai Putus Sekolah atau berhenti. Yuk simak bacaan yang gua kutip dari beberapa orang yg berada dilingkungan gua dan dari ide gue yang agak gokil ini hehe
1. Orang Tua Yang Acuh
Banyak dari mereka para orang tua acuh terhadap pendidikan anaknya, katanya si sibuk kerja mencari uang, dan entah apapun itu alasannya. Harta bergelimangan? Hidup semuanya dilengkapi dengan fasilitas yang serba mewah? Haha tapi mereka kasian ya karena kurang pedul jadi tidak tau deh, bagaimana perkembangan pendidikan anaknya sendiri. Padahal pendidikan anaknya jauh lebih penting dan perhatian dari orang tua itu tidak akan ada yang bisa menggantikannya di hati sang buah hati, tapi sayang mereka terlalu disibukkan dengan alasan yang masih bisa dibantah dengan sesuatu yang sangat logis!
2. Kemajuan Teknologi
Dijaman sekarang seperti ini teknologi sangat berperan dalam hal ini
3. Pergaulan yang Menyimpang
Berteman dengan tukang minyak wangi maka, akan terkena wanginya. Berteman dengan tukang pandai besi, setidaknya akan terkena percikan Api nya. Ya begitulah gua mendengar dari beberapa ceramah islami, memang benar faktanya bisa dilihat sekarang, temannya tukang bolos dan akhirnya berhenti sekolah tapi masih tetap saja berteman akhirnya sedikit demi sedikit terkena percikan apinya deh.

Kuliah | Algoritma dan Pemrograman
Materi untuk yang satu ini sangat penting karena dalam membuat suatu program harus mempunyai struktur yang lebih teratur. Berikut penjelasannya :
·        Struktur Suatu Algoritma
Agar algoritma dapat ditulis lebih teratur maka struktur algoritma sebaiknya dibagi ke dalam beberapa bagian. Salah satu struktur yang sering dijadikan patokan adalah sbb :
1.      Bagian Kepala (Header) : memuat nama algoritma serta informasi atau keterangan tentang algoritma yang ditulis.
2.      Bagian Deklarasi (Definisi Variabel) : memuat definisi nama variabel, nama tetapan, nama prosedur, nama fungsi, tipe data yang akan digunakan dalam algoritma.
Bagian Deskripsi (Rincian Langkah) : memuat langkah-langkah penyelesaian masalah, termasuk beberapa perintah seperti baca dan tampilkan, ulangi, yang mengubah data input menjadi output, dsb.

Contoh : berikut ini contoh struktur sebuah algoritma. Algoritma  yang menerima 2 buah angka bulat kemudian menampilkan angka yang lebih besar.
Algoritma Lebih_besar
{menerima 2angka kemudian menampilkan angka yang lebih besar}
Definisi Variable
         integer angka1, angka2;
Rincian Langkah
{memasukkan angka}
write (“Masukkan angka 1 :”);
read (angka1);
write (“Masukkan angka 2 :”);
read (angka2);
{periksa yang lebih besar}
If(angka1 > angka2)
       then write(“yang lebih besar=“,angka1);
       else write(“yang lebih besar=“,angka2);
endif.

Itulah Struktur agar program lebih teratur ....

KULIAH | BAHASA INDONESIA
Didalam Ragam Bahasa itu terdapat Variasi dan Jenis , Menurut Kridalaksana : “ Variasi Bahasa Menurut Pemakaiannya terdapat Topik, Hubungan Pelaku, Medium Pembicaraan”.
Berikut uraian Variasi Bahasa Menurut Kridalaksana :
1.      Topik
Topik itu ialah tema suatu pembahasan atau judul yang ingin dibahas, biasanya dipakai suatu Instansi atau Jurnalistik. Contoh : yang sering dibahas sekarang ini : ‘Kurs Rupiah’
2.    Hubungan Pelaku
Hubungan Pelaku ialah si subyek tersebut, untuk hubungan pelaku bisa bervariasi atau bermacam-macam bentuknya. Contoh : Presiden dan Wakil Presiden, Bapak ketua RT dan Warganya atau Bapak Ketua RW dan Bapak Ketua RT, pokoknya untuk hubungan pelaku ini sangat bervariasi
3.    Medium Pembicaraan
Untuk Medium Pembiacaraan ini terdapat 2, yaitu :
a.      Lisan : Melalui Sebuah Percakapan
b.      Tertulis : Melalui Sebuah Media
Untuk Jenis dari Ragam Bahasa Ini Terdapat 2 Jenis, yaitu :
1.      Formal
Untuk formal ini biasanya terdapat di sebuah acara resmi, berikut uraiannya :
a.      Memakai Gramatikal (Susunan S (Subyek), O (Obyek), P (Predikat). Secara Eksplistik (tertulis) Konsisten
b.      Menggunakan imbuhan secara lengkap
c.       Menggunakan kata ganti resmi
d.      Menggunakan kata baku atau kata yang secara terstruktur
e.      Biasanya Kedaerahan atau Universal
Informal
Nah, Untuk Informal ini biasanya yang sering kita bercakap-cakap, berikut uraiannya
a.      Bentuk Kalimat Sederhana
b.      Singkat
c.       Kurang Lengkap
d.      Menggunakan kata-kata yang biasa dipakai sehari-hari.


Nah itulah penjelasan tentang Ragam Bahasa yang saya dapati dari materi kuliah, sebenernya lebih panjang lagi namun saya persingkat namun bermakna luas aja ya, semoga membantu kalian yang sedang ingin mengetahui atau belajar ragam bahasa.

KULIAH | Teori Algoritma dan Pemrograman
Program ? Banyak orang yang mengatakan sebuah program, contoh : “Program  Cpp itu kaya gimana ya?“ Nah, ketika ditanya balik emang ‘program’ itu apa?. Ketika ada teman bertanya seperti itu pasti harus jawab atau engga jawaban ngawur aja deh yg penting nyambung dikit hehe. nah, agar mengetahuinya berikut saya akan jelaskan materi Program dan Bahasa Pemrograman yang saya dapati dari perkuliahan .
PROGRAM adalah  kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Tanpa program, komputer sesungguhnya tidak dapat berbuat apa-apa. Itulah sebabnya sering dikatakan bahwa komputer mencakup 3 aspek penting, berupa hardware, software, dan brainware.
Orang yang membuat program disebut pemrogram (programmer). Adapun aktivitas yang berhubungan dengan pembuatan program dinamakan pemrograman (programming)
Secara garis besar, bahasa-bahasa pemrograman dapat dikelompokkan menjadi :
1.     Bahasa beraras tinggi (high-level language)
Adalah bahasa pemrograman yang berorientasi kepada bahasa manusia.  Biasanya  menggunakan kata-kata bahasa Inggris. Yang termasuk dalam kelompok bahasa ini adalah bahasa C, C++, Pascal, dan BASIC.
2.     Bahasa beraras rendah (low-level language)
Adalah bahasa pemrograman yang berorientasi kepada mesin. Bahasa ini menggunakan kode biner (yang hanya mengenal kode 0 dan 1). Yang termasuk dalam kelompok bahasa ini adalah bahasa mesin dan bahasa rakitan.

Penerjemah Bahasa
Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman seperti C dan C++ sebenarnya tidak dimengerti oleh komputer secara langsung, sebab komputer hanya mengenal bahasa khasnya saja yang dinamakan bahasa mesin, yakni bahasa yang hanya mengenal kode 0 dan 1. Supaya program dapat dijalankan oleh komputer, program tersebut harus diterjemahkan terlebih dulu ke dalam bahasa mesin(atau biasa disebut kode objek). Proses penerjemahannya dilakukan oleh program yang disebut translator (penerjemah).
Translator dapat berupa :
1.     Interpreter
2.     Kompiler
Interpreter menerjemahkan instruksi selama program diminta untuk dieksekusi. Jika seseorang bermaksud menjalankan program tersebut (agar dapat dijalankan oleh komputer), mula-mula kode sumber (source code yang ditulis oleh programmer) diterjemahkan dulu ke dalam bentuk kode mesin per baris instruksi. Setelah satu baris instruksi tsb dipahami oleh komputer, instruksi tsb dijalankan. Interpreter kemudian kembali memproses baris instruksi berikutnya.
Berbeda dengan interpreter, Kompiler menerjemahkan instruksi ke dalam kode objek secara keseluruhan. Setelah semua instruksi diterjemahkan, instruksi yang telah dimengerti oleh komputer dijalankan. Proses penerjemahan seperti itu disebut kompilasi. Setelah kompilasi berakhir, kompiler tidak diperlukan lagi, sebab sesudah kompilasi akan terbentuk program yang executable (dapat dijalankan langsung tanpa melalui translator).


Gampang dimengerti ko kalo memang ingin mengetahuinya ...

KULIAH | TEORI ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum membuat program, antara lain :
1. Menganalisis Masalah dan membuat Algoritma
Pengalaman, pengetahuan, kreativitas, imajinasi, dan kelihaian merupakan faktor-faktor yang menentukan keberhasilan langkah ini. Di dalam analisis masalah diperlukan tindakan untuk mengidentifikasi informasi yang menjadi keluaran pemecahan masalah dan data-data yang menjadi masukan. Berdasarkan hal itu diperlukan prosedur untuk mengolah masukan menjadi keluaran yang dikehendaki. Langkah detail yang ditujukan untuk komputer guna menyelesaikan suatu masalah inilah yang disebut algoritma. Namun yang disebut algoritma ini berbeda dengan program karena algoritma secara teoritis bersifat bebas dari bahasa pemrograman.
2. Menuangkan Algoritma ke dalam Bentuk Program
Langkah menuangkan algoritma ke dalam program ditentukan oleh faktor bahasa pemrograman yang akan digunakan. Programmer harus tahu seluk-beluk bahasa pemrograman yang digunakan.
3. Mengeksekusi dan Menguji Program
Setelah program dibuat dan dikompilasi, program perlu dijalankan untuk diuji kebenarannya. Ada beberapa kemungkinan kesalahan yang terjadi  sewaktu proses kompilasi hingga pengeksekusian program :
a. Kesalahan Sintaksis
b. Kesalahan Logika
c. Kesalahan Runtime

Kiranya kurang lebih seperti penjelasan yang saya dapati ketika di perkuliahan ...

Senin, 16 November 2015

KULIAH | TEORI ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Didalam membuat suatu program sering kita jumpai kesalahan atau ERROR, Berikut penjelasan dari beberapa bagian jenis kesalahan didalam suatu program :
A. Kesalahan Sintaksis
Disebabkan adanya kesalahan dalam menuliskan program yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa pemrograman.  Contoh, suatu pernyataan C++ tidak diakhiri dengan titik-koma. Kesalahan sintaksis terdeteksi sewaktu kompilasi bila Anda menggunakan kompiler C++.

B.Kesalahan Logika
Adalah kesalahan yang terjadi karena ada logika yang salah. Misalnya, Anda menuliskan 31.4 untuk menyatakan phi, padahal yang betul adalah 3.14. akibatnya, hasil yang didapatkan tidak benar.

C.Kesalahan Runtime (Kesalahan Fatal)
Adalah kesalahan yang terjadi karena suatu operasi dalam program tidakd apat dilakukan oleh komputer. Sebagai contoh, jika terdapat operasi pembagian dengan nol, maka suatu pesan kesalahan akan ditampilkan dan eksekusi  program dihentikan.


Well, ketika anda mengetahui jenis kesalahan tersebut pasti anda tidak ingin mengulanginya, didalam membuat suatu program anda harus belajar dari kesalahan, Lhoooooo Kok jadi kaya mario teguh gini ya? Ngawurrrrrr iki hehe, yowes semoga bermanfaat ...

KULIAH | BAHASA INDONESIA
Sekarang saya akan coba memberitahu dari ilmu yang saya dapati di perkuliahan tentang paragraf.
Paragraf adalah satuan bentuk bahasa dari beberapa kalimat, terdiri atas satu gagasan pokok.
Paragraf terdapat fungsi :
1.      Menampung bagian kecil gagasan utama kecil
2.      Melahirkan pikiran secara Sistematis
3.      Sebagai tanda pikiran baru dimulai

Paragraf juga terdapat beberapa syarat, sebagai berikut :
1.      Kesatuan
2.      Kepaduan
3.      Isinya Relevan dengan Karangan Pengembangan
Didalam Paragraf terdapat 7 Jenis, Berikut Jenisnya dan Uraiannya :
1.      Narasi : Yang tidak mempunyai ide pokok kalimat/semua kalimat dianggap penting
2.      Deskripsi  : Penggambaran dari suatu keadaan atau Peristiwa menggunakan kata-kata
3.      Eksposisi : Paparan dari suatu masalah atau peristiwa
4.      Argumentasi : Cara meyakikan si Pembaca agar dapat menerima gagasan dari si penulis
5.      Persuasi : Mempengaruhi si pembaca agar mengikuti pendapat dari si penulis.
6.      Deduktif : Ide pokok kalimat diawal paragraf
7.      Induktif : Ide Pokok Kalimat diakhir paragraf

Semoga bermanfaat tentang paragraf dari yang saya paparkan .

KULIAH | BAHASA INDONESIA
Sekarang saya coba bahas materi bahasa indonesia yang sedikit saya dapat dari kampus, Jadi Kalimat Efektif itu ialah menyampaikan secara lugas dan benar.
Berikut penjelasannya^
I.                    Keraf (Kalimat) = S = O
Fuad                = Kalimat disusun secara sadar -> Daya Imajinasi = S = O

II.                  Syarat
Syarat Untuk Kalimat Efektif terdapat 5 Macam :
1.      Kesatuan Gagasan
Untuk kesatuan gagasan yang baik harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut :
-          Subyek (S) & Predikat (P) yang jelas.
Menghindari kata didepan : Di, Dalam, Bagi, Untuk/Pada
Contoh : di Kampung – Kampung terpencil pendidikan di Bina.
-          Tidak Terdapat Subyek (S) Ganda.
-          Predikat (P) Tidak didahului kata ‘Yang’
Contoh : Kampus UBK yang terletak di Jakarta Pusat.
2.       Koherasi (Hubungan) yang baik (Hubungan timbal-balik yang jelas antara unsur-unsur)
-          Penempatan Pola Yang Tidak Sesuai
Contoh : Ikan memakan kembang adik tadi pagi.
-          Pemakaian kata yang tumpang tadih
Contoh : Banyak Para Penjahat mencoba melarikan diri.
3.       Penekanan
-          Memakai Repitisi (Pengulangan dalam sebuah kata).
-          Pertentangan Kata
Contoh : Anak itu bukan rajin dan jujur, tetapi curang dan licik.
4.       Paralalisme
Contoh : Mengupas=Mencuci=Memasak
5.       Definisi Sinonim
Pendidikan=Pengajaran

Begitulah penjelasan dari materi yang saya dapati ini tentang kalimat efektif, kalo kurang jelas komen aja yaw dibawah, lagi agak sedikit males ngejelasin  hehe ....

KULIAH | TEORI ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Algoritma itu apa ya? “Algoritma itu ialah cara atau langkah untuk menemukan suatu masalah” (Pak Purwo) oh iya Algoritma itu sebenarnya sudah ada 800 Tahun Sebelum Komputer ada. Nah berikut contoh Algoritma Sehari-hari yang sering kita lakukan:
        Cntoh Algoritma Menulis Surat :
a.     Mempersiapkan kertas dan amplop
b.     Mempersiapkan alat tulis, seperti pena atau pensil
c.      Mulai menulis
d.     Memasukkan kertas ke dalam amplop
e.     Pergi ke kantor pos untuk mengeposkan surat tersebut

·        Menggunakan Telepon Umum
a.     Angkat gagang telepon
b.     Masukkan koin
c.      Tekan nomor yang dituju
d.     Bicara
e.     Letakkan gagang telepon

      Algoritma mengirim SMS :
a.     Mengambil HP
b.     Pilih Menu -> Pesan
c.      Pilih  tulis baru
d.     Ketikkan pesan yang mau dikirimkan
e.     Setelah selesai, pilih lanjutkan untuk memasukan / memilih no tujuan
f.       Klik OK untuk mengirim.


Sebenarnya Algoritma itu yang penting tuh paham bagaimana caranya, nah coba perhatikan step by step atau langkah demi langkah algoritma diatas, lebih teratur bukan? Jadi, algoritma itu gausah dipersulit yang penting memahami .

KULIAH | Teori Algoritma Dan Pemrograman
Dosen : Purwo Agus Sucipto, M.Kom
Didalam algoritma ini mempunyai Ciri, Sifat dan Notasi. Nah, Ciri Dan Sifat Algoritma yang dijelaskan oleh Pak Purwo ini sangat membantu untuk memahami sebuah program yang kita buat.
Berikut penjelasannya :
 ·       Ciri Suatu Algoritma
Donald E.Knuth, penulis beberapa buku algoritma abad XX, menyatakan bahwa ada beberapa ciri algoritma yaitu :
1.      Algoritma mempunyai awal & akhir. Suatu algoritma harus berhenti setelah mengerjakan serangkaian tugas dengan kata lain, suatu algoritma memiliki langkah yang terbatas.
2.      Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda, tidak membingungkan (not ambiguous).
3.      Memiliki masukan (input).
4.      Memiliki kelularan (output).
Algoritma harus efektif, bila diikuti benar-benar maka akan menyelesaikan persoalan.
 ·       Sifat Algoritma
1.      Input : Suatu algoritma memiliki input atau kondisi awal sebelum dilaksanakan, bisa berupa nilai-nilai peubah yang diambil dari himpunan khusus.
2.      Output : Suatu algoritma akan menghasilkan output setelah dilaksanakan, dimana nilai output diperoleh dari nilai input yang telah diproses melalui algoritma.
3.      Definiteness : Langkah-langkah yang dituliskan dalam algoritma terdefinisi dengan jelas sehingga mudah dilaksanakan oleh pengguna algoritma.
4.      Finiteness : Suatu algoritma harus memberi kondisi akhir atau output setelah sejumlah langkah yang terbatas jumlahnya dilakukan terhadap kondisi awal atau input yang diberikan.
5.      Effectiveness : Setiap langkah dalam algoritma bisa dilaksanakan dalam suatu selang waktu tertentu sehingga pada akhirnya didapatkan solusi yang diharapkan.
6.      Generality : Langkah-langkah algoritma berlaku untuk setiap himpunan input yang sesuai dengan persoalan yang diberikan, tidak hanya untuk himpunan tertentu.
·         Notasi Algoritma
Beberapa notasi yang digunakan untuk menulis algoritma sbb :
1.      Menyatakan langkah-langkah dengan untaian kalimat deskriptif (Algoritma Euclidean)
2.      Menggunakan  Diagram Alir (Flowchart)
3.      Menggunakan Pseudocode

Semoga membantu kalian yang sedang belajar Algoritma ...



KULIAH | Bahasa Indonesia
Bahasa ? Kita sering mendengar bahwa didunia ini ada bahasa inggris, indonesia, arab, dsb. Namun kita tidak mengetahui apa si sebenarnya arti ‘Bahasa’ itu sendiri ? dari yang saya pelajari bahwa Bahasa itu adalah Lambang, Tanda, Bunyi.
Bahasa itu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian :
1.      Logika
Kenapa Logika? Ketika seseorang ingin mengucapkan suatu kalima/Bahasa maka pasti tersambung dengan logika yang ada pada dirinya. Berikut tahap untuk seseorang mengungkapkan kalimat tersebut :
a.      Realitas
b.      Identifikasi (Dipilah)
c.       Kesimpulan atau Pernyataan
Dari 3 Tahap diatas semua tahap tersebut mengacu pada INDERA.

2.      Sifat
Sifat itu sendiri pun terbagi menjadi dua jenis :
a.      Primer = Bahasa yang digunakan melalui percakapan.
b.       Sekunder = Bahasa yang digunakan melalui media.

3.      Hakikat
Hakikat itu sendiri mempunyai jenisnya, berikut 5 jenis Hakikat Bahasa :
a.      Sistem = Mengacu pada cara atau pola tertentu, dimana S + P + O dipakai.
b.      Lambang = Mengidentifikasi Benda
c.       Konvensi = Mengacu kepada kesepakatan
d.      Dinamis = Bahasa selalu mengalami perubahan
e.      Bunyi = yang selalu primer

Nah, jadi bahasa itu terbagi menjadi Logika, Sifat, dan Hakikat. Semoga bermanfaat.

Kuliah | Algoritma dan Pemrograman
Didalam Algoritma ada Notasi, nah Pseucode (Pemotong Program) adalah salah satu dari 3 bagian Notasi Algoritma. Pseucode itu Adalah semu atau tidak sebenarnya, merupakan notasi yang menyerupai motasi bahasa pemrograman tingkat tinggi, khususnya bahasa Pascal dan C. Kemudahan menggunakan pseudocode adalah kemudahan dalam proses konversi (translasi) ke notasi bahasa pemrograman. Hal ini dikarenakan terdapat  korespondensi antara setiap pseudocode dengan notasi bahasa pemrograman.
Contoh :
Berikut Pseudocode yang menggunakan Bahasa Indonesia.
Program : Menghitung Luas Lingkaran
Mulai
Masukkan jari-jari kedalam variabel R
Masukkan 3.14 ke dalam variabel Pi
Masukkan hasil perkalian Pi dengan R kuadrat ke dalam variabel Luas
Tampilkan Nilai Variabel Luas
Selesai .

Itulah penjelasan tentang pseucode yang pernah saya pelajari, semoga bermanfaat ...



Kamis, 12 November 2015

PENDIDIKAN | KARTU JAKARTA PINTAR ((KJP)

P3? setelah saya sudah memposting tentang KJP, saya akan terus berbagi informasi tentang KJP, lanjutannya itu P3 : Persyaratan, Pendataan, serta Pendistribusian. banyak yang bertanya, bagaimana syaratnya untuk bisa memiliki KJP? saya coba memberi informasi atau menjawab pertanyaan yang selama ini banya warga kebingungan atau tidak tau mungkin juga tidak mau tau hehe... kepada pembaca,apabila ada adik,kakak,keluarga,teman,kerabat dekat atau sanak saudara. berhak atau ingin untuk memiliki kjp namun tidak mendapatkannya karena kebingungan dengan syaratnya, berikut saya lansir kembali dari website remi kjp.jakarta.go.id :

1. Persyaratan Kartu Jakarta Pintar (KJP)


Siswa yang berhak menerima KJP harus memenuhi persyaratan seperti berikut :
3. Pendistribusian KJP
  • Pendistribusian  KJP untuk penerima KJP baru dilakukan oleh kantor cabang Bank DKI secara kolektif ke masing-masing sekola hmelalui koordinasi dengan Kepala Sekolah.
  • Kepala Sekolah wajib mengumpulkan siswa atau wali siswa penerima KJP pada tanggal yang disepakati dengan kantorcabang Bank DKI.
  • Penyerahan KJP, buku tabungan, beserta pin ATM yang tersegel diserahkan langsung oleh petugas Bank DKI kesiswa atau wali siswa dengan didampingi oleh pihak sekolah.
  • Pin ATM harus dihafal dan tidak diberitahukan kepada orang lain.
  • KJP dan buku tabungan harus disimpan dengan baik dan menjadi tanggung jawab siswa atau wali siswa penerima KJP.


PENDIDIKAN | Program KARTU JAKARTA PINTAR (KJP)

Kartu Jakarta Pintar (KJP) ? Seolah Sebuah nama yang kartu pemegangnya hanya bisa dimiliki oleh siswa-siswi berprestasi atau mendapat nilai terbaik diantara sekian banyak teman-temannya hehe ternyata itu salah kaprah! KJP ini ditargetkan untuk mereka yang tidak mampu atau kelas menengah kebawah untuk memenuhi kebutuhan dasar pendidikan.
saya akan uraikan Tentang KJP, Kriteria Pemiliknya, Serta Dampak Positif yang diharpkan dengan adanya KJP ini. Berikut beberapa yang saya kutip dari website kjp.jakarta.go.id.

1. Tentang KJP
Kartu Jakarta Pintar (KJP) adalah program strategis untuk memberikan akses bagi warga DKI Jakarta dari kalangan masyarakat tidak mampu untuk mengenyam pendidikan minimal sampai dengan tamat SMA/SMK dengan dibiayai penuh dari dana APBD Provinsi DKI Jakarta.

2. Kriteria Pemiliknya
Siswa miskin adalah peserta didik pada jenjang satuan pendidikan sekolah dasar sampai dengan menengah yang secara personal dinyatakan tidak mampu baik secara materi maupun penghasilan orang tuanya yang tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan dasar pendidikan. Kebutuhan dasar pendidikan yang dimaksud mencakup : seragam, sepatu, dan tas sekolah, biaya transportasi, makanan serta biaya ekstrakurikuler. Berdasarkan pengertian tersebut, maka untuk kepentingan pemenuhan kriteria program pemberian BPSM bagi peserta didik SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/SMK/SMKLB/MA melalui Kartu Jakarta Pintar Tahun Anggaran 2015 sebagai berikut: 
  • Tidak merokok dan atau mengkonsumsi narkoba
  • Orang tua tidak memiliki penghasilan yang memadai
  • Menggunakan angkutan umum
  • Daya beli untuk sepatu dan pakaian seragam sekolah/pribadi rendah
  • Daya beli untuk buku, tas, dan alat tulis rendah
  • Daya beli untuk konsumsi makan/jajan rendah
  • Daya pemanfaatan internet rendah
  • Tidak dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang berpotensi mengeluarkan biaya.
3. Dampak Positif yang diharpkan dengan adanya KJP 
Manfaat dan dampak positif yang diharapkan dari siswa penerima KJP, antara lain :
  • Seluruh warga DKI Jakarta menamatkan pendidikan minimal sampai dengan jenjang SMA/SMK.
  • Mutu pendidikan di Provinsi DKI Jakarta meningkat secara signifikan.
  • Peningkatan pencapaian target Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan dasar dan menengah.
Ayo Bagi yang tidak memenuhi kriteria diatas, segera sadarkan diri anda bahwa diluar sana banyak yang membutuhkan :)



Rabu, 11 November 2015

    saya coba posting rangkuman materi Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman untuk semester 1  yang saya dapat tentang apa itu tipe data? dan tipe data yang ada pada c++. Yuk, Simak pembahasan dibawah ini. |

KULIAH | ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN* 

saya coba posting rangkuman materi Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman untuk semester 1  yang saya dapat tentang apa itu tipe data? dan tipe data yang ada pada c++. Yuk, Simak pembahasan dibawah ini.
1. APA ITU TIPE DATA  ?
Pengertian Tipe data menyiratkan suatu nilai yang dapat dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variabel.
Data berdasarkan jenisnya dapat dibagi menjadi lima kelompok, yang dinamakan sebagai tipe data dasar, yaitu:
Bilangan bulat (integer)
Bilangan pecahan (float/real) presisi-tunggal
Bilangan pecahan (float/real) presisi-ganda
Karakter(character), dan
Tak bertipe(void). 
Tipe data dasar pada C++, meliputi:
TIPE DATA
UKURAN
MEMORI
JANGKAUAN NILAI
JUMLAH DIGIT PRESISI
char
1 byte
-128 hingga +127
-
Int
2 byte
-32768 hingga +32767
-
long
4 byte
-2.147.438.648 hingga 2.147.438.647
-
float
4 byte
3.4x10-38 hingga 3.4x10+38
6 – 7
double
8 byte
1.7x10-308 hingga1.7x10+308
15 – 16
long double
10 byte
3.4x10-4932 hingga1.1x10+4932
19


cukup sampai disini dulu, pantengin terus dan nantikan postingan selanjutnya, Semoga Bermanfaat.


Blogroll

cikzkahfi.blogspot.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Email suscription

Search

Pages

About

Jangan Lupa Follow :)

×

cikzkahfi.blogspot.com

SEDIKIT ATAU BANYAK KATA SEMOGA BERMANFAAT

Popular Posts