Senin, 16 November 2015

CIRI, SIFAT Dan Notasi ALGORITMA

KULIAH | Teori Algoritma Dan Pemrograman
Dosen : Purwo Agus Sucipto, M.Kom
Didalam algoritma ini mempunyai Ciri, Sifat dan Notasi. Nah, Ciri Dan Sifat Algoritma yang dijelaskan oleh Pak Purwo ini sangat membantu untuk memahami sebuah program yang kita buat.
Berikut penjelasannya :
 ·       Ciri Suatu Algoritma
Donald E.Knuth, penulis beberapa buku algoritma abad XX, menyatakan bahwa ada beberapa ciri algoritma yaitu :
1.      Algoritma mempunyai awal & akhir. Suatu algoritma harus berhenti setelah mengerjakan serangkaian tugas dengan kata lain, suatu algoritma memiliki langkah yang terbatas.
2.      Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda, tidak membingungkan (not ambiguous).
3.      Memiliki masukan (input).
4.      Memiliki kelularan (output).
Algoritma harus efektif, bila diikuti benar-benar maka akan menyelesaikan persoalan.
 ·       Sifat Algoritma
1.      Input : Suatu algoritma memiliki input atau kondisi awal sebelum dilaksanakan, bisa berupa nilai-nilai peubah yang diambil dari himpunan khusus.
2.      Output : Suatu algoritma akan menghasilkan output setelah dilaksanakan, dimana nilai output diperoleh dari nilai input yang telah diproses melalui algoritma.
3.      Definiteness : Langkah-langkah yang dituliskan dalam algoritma terdefinisi dengan jelas sehingga mudah dilaksanakan oleh pengguna algoritma.
4.      Finiteness : Suatu algoritma harus memberi kondisi akhir atau output setelah sejumlah langkah yang terbatas jumlahnya dilakukan terhadap kondisi awal atau input yang diberikan.
5.      Effectiveness : Setiap langkah dalam algoritma bisa dilaksanakan dalam suatu selang waktu tertentu sehingga pada akhirnya didapatkan solusi yang diharapkan.
6.      Generality : Langkah-langkah algoritma berlaku untuk setiap himpunan input yang sesuai dengan persoalan yang diberikan, tidak hanya untuk himpunan tertentu.
·         Notasi Algoritma
Beberapa notasi yang digunakan untuk menulis algoritma sbb :
1.      Menyatakan langkah-langkah dengan untaian kalimat deskriptif (Algoritma Euclidean)
2.      Menggunakan  Diagram Alir (Flowchart)
3.      Menggunakan Pseudocode

Semoga membantu kalian yang sedang belajar Algoritma ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar